pindah

pindah
maaf saya ganti blog, alamat baru adi negara26me.wordpress.com silakan kunjungi sekarang juga untuk mendapatkan informasi dan layanan dari saya

adi negara

adi negara
SELAMAT DATANG di adi-negara.blogspot.com


About Me

AKU BERADA DI ANTARA MENGIKUTI SISTEM DAN MENENTANG SISTEM, KARENA DI SITULAH LETAK KREATIFITAS.

Blog Archive

Tuesday, March 27, 2007

RME


REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION:
Sebuah Paradigma Baru Pembelajaran Matematika 1)

Oleh : A.N. Cahyono 2)
Pendidikan Matematika S2 Program Pascasarjana Unnes
Guru Matematika SMAN 1 Banjarnegara

E_mail : adi_himatika@plasa.com



ABSTRAK

Sampai saat ini pendekatan pembelajaran matematika di Indonesia masih menggunakan pendekatan tradisional atau mekanistik yang menekankan pada latihan mengerjakan soal atau drill and practice, prosedural serta banyak menggunakan rumus dan algoritma sehingga murid dilatih mengerjakan soal seperti mekanik atau mesin. Kosekuensinya bila mereka diberikan soal yang berbeda dengan soal latihan mereka akan mambuat kesalahan atau ‘error’ seperti komputer. Mereka kurang terbiasa memecahkan masalah yang banyak disekeliling mereka. Dalam pembelajaran matematika perlu adanya perubahan paradigma. Bagian tertentu yang dapat dikaitkan sangat penting dan perlu upaya yang seksama agar terjadi perubahan adalah cara sajian pelajaran dan suasana pembelajaran. Dua hal inilah kelihatannya dijanjikan sebagai salah satu bagian keunngulan RME (Realistic Mathematics Education) yang dikenalkan dan dikembangkan pertama kali oleh Freudenthal Institute di Negeri Belanda. Realstic Mathematics Education adalah teori pembelajaran yang bertitik tolak dari hal-hal yang ‘real’ bagi siswa, menekankan ketrampilan ‘process of doing mathematics’, berdiskusi dan berkolaborasi, berargumentasi dengan teman sekelas sehingga mereka dapat menemukan sendiri (‘student inventing’ sebagai kebalikan dari ‘teacher telling’) dan pada akhirnya menggunakan matematika itu untuk menyelesaikan masalah baik secara individual maupun kelompok.

Kata Kunci : Pembelajaran Matematika, Freudenthal, RME.

1). Makalah disajikan dalam Seminar Pendidikan Matematika Pascasarjana Unnes 2005
2). A.N. Cahyono, Mahasiswa Pendidikan Matematika Program Pascasarjana Unnes / guru Matematika SMAN 1 Banjarnegara

1 comment:

mathematicse said...

Indonesia sejak minimalnya sejak diberlakukan kurikulum 1975 sudah menggunakan matematika modern. Jadi, bukan matematika tradisional lagi atau matematika mekanistik.